HYPERLINK

pengertian

Istilah "hyperlink" diciptakan pada tahun 1965 (atau mungkin 1964) oleh Ted Nelson dan asistennya Calvin Curtin pada awal Proyek Xanadu. Nelson telah terinspirasi oleh "As We May Think", sebuah esai populer oleh Vannevar Bush. Dalam esai, Bush menggambarkan sebuah mesin mikrofilm berbasis (dengan Memek) di mana orang dapat menghubungkan setiap dua halaman informasi ke dalam "jejak" dari informasi yang berhubungan, dan kemudian gulir bolak-balik antara halaman dalam jejak seolah-olah mereka berada di pemutaran tunggal mikrofilm.

Dalam serangkaian buku dan artikel yang dipublikasikan dari tahun 1964 sampai 1980, Nelson dialihkan konsep Bush referensi otomatis silang dalam konteks komputer, membuatnya berlaku untuk string teks tertentu daripada halaman utuh, umum dari mesin meja berukuran lokal ke teori jaringan komputer di seluruh dunia, dan menganjurkan penciptaan seperti jaringan. Sementara itu, bekerja secara independen, sebuah tim yang dipimpin oleh Douglas Engelbart (dengan Jeff Rulifson sebagai programmer kepala) adalah yang pertama mengimplementasikan konsep hyperlink untuk scrolling dalam sebuah dokumen tunggal (1966), dan segera setelah untuk menghubungkan antar paragraf dalam dokumen terpisah (1968) , dengan NLS.

Database Program HyperCard dirilis pada tahun 1987 untuk Macintosh Apple yang memungkinkan hyperlink antara berbagai jenis halaman dalam dokumen.

Dalam komputasi, hyperlink (atau link) adalah referensi ke sebuah dokumen yang pembaca dapat langsung mengikuti, atau yang ada diikuti secara otomatis. Sebuah poin hyperlink ke dokumen keseluruhan atau elemen tertentu di dalam dokumen. Hypertext adalah teks dengan hyperlink. Sebuah sistem perangkat lunak untuk melihat dan menciptakan hiperteks adalah sistem hypertext, dan untuk membuat suatu hyperlink adalah hyperlink (atau hanya untuk link). Seorang pengguna berikut hyperlink dikatakan untuk menavigasi atau menelusuri hypertext tersebut.

Hyperlink A memiliki sebuah jangkar, yang merupakan lokasi dalam dokumen dari yang hyperlink dapat diikuti, dokumen yang mengandung hyperlink dikenal sebagai dokumen sumbernya. Target hyperlink adalah dokumen, atau lokasi dalam dokumen, yang mengarah hyperlink. Pengguna dapat mengaktifkan dan ikuti link ketika anchor ditampilkan, biasanya dengan menyentuh atau mengklik anchor dengan perangkat penunjuk. Setelah link memiliki efek menampilkan target, sering dengan konteksnya.

Contoh yang paling umum saat ini hiperteks adalah World Wide Web: laman web berisi hyperlink ke halaman web. Sebagai contoh, dalam sebuah karya referensi online seperti Wikipedia, banyak kata dan istilah dalam teks ini adalah hyperlink untuk definisi istilah tersebut. Hyperlink sering digunakan untuk menerapkan mekanisme referensi, seperti daftar isi, catatan kaki, bibliografi, indeks dan Glosari.

Dalam beberapa hypertext, hyperlink bisa dua arah: mereka dapat diikuti dalam dua arah, sehingga kedua ujungnya bertindak sebagai jangkar dan sebagai target. Pengaturan yang lebih kompleks ada, seperti banyak link-ke-banyak.

Pengaruh berikut hyperlink mungkin berbeda dengan sistem hypertext dan kadang-kadang pada link itu sendiri, misalnya, di World Wide Web, hyperlink yang paling menyebabkan dokumen target untuk menggantikan dokumen yang ditampilkan, tetapi beberapa ditandai menyebabkan dokumen target untuk membuka di jendela baru. Kemungkinan lain adalah transclusion, dimana link target adalah fragmen dokumen yang menggantikan link anchor dalam dokumen sumber. Tidak hanya orang browsing dokumen berikut hyperlink, mereka bisa juga diikuti secara otomatis oleh program. Sebuah program yang melintasi hypertext, berikut hyperlink masing-masing dan mengumpulkan semua dokumen yang diambil dikenal sebagai laba-laba Web atau merangkak.

Jenis link

Inline link

Link inline menampilkan konten remote tanpa perlu embedding konten. Isi remote dapat diakses dengan atau tanpa pengguna memilih link. Sebagai contoh, gambar di atas adalah sebuah dokumen yang dapat dilihat secara terpisah, tetapi dimasukkan ke dalam halaman dengan link inline.
contoh hyperlink

Link inline mungkin menampilkan versi modifikasi dari isi, misalnya, bukan sebuah gambar, thumbnail, preview resolusi rendah, bagian dipotong, atau bagian ini diperbesar mungkin ditampilkan. Isi penuh maka akan biasanya akan tersedia pada permintaan, seperti halnya dengan software cetak penerbitan - misalnya dengan link eksternal. Hal ini memungkinkan untuk ukuran file yang lebih kecil dan respon cepat terhadap perubahan bila konten terkait penuh tidak diperlukan, seperti halnya ketika menata ulang tata letak halaman.
Jangkar

Sebuah hyperlink anchor adalah link terikat dengan sebagian teks dokumen-umumnya, meskipun tidak selalu. Misalnya, mungkin juga area panas dalam sebuah gambar (gambar peta di HTML), bagian, ditunjuk sering tidak teratur dari suatu gambar. Salah satu cara untuk mendefinisikan hal itu adalah dengan daftar koordinat yang menunjukkan batas-batasnya. Sebagai contoh, sebuah peta politik di Afrika mungkin memiliki masing-masing negara hyperlink untuk informasi lebih lanjut tentang negara itu. Antarmuka yang terpisah tak terlihat panas memungkinkan untuk bertukar kulit atau label di tempat yang panas dikaitkan tanpa embedding berulang link di berbagai elemen kulit.



contoh hyperlink

diatas merupakan gambar contoh hyperlink. sedangkan contoh hyperling adalah

http://www.google.co.id

ciri-ciri hyperlink biasanya tulisan berwarna biru dan ber underline dan tulisan itu bisa di klik dan saat di klik akan membuka situs yang tertera di link tersebut.

Cara Membuat Hyperlink

Cara membuat hyperlink, bagi yang belum tahu memang agak memusingkan, apalagi karena secara teknis ini merupakan hapalan yang mesti diketahui semua pebisnis dalam memulai bisnis online.


Hyperlink atau istilahnya pranala adalah sebuah teks yang dapat diklik untuk masuk ke website yang dituju. Tujuannya, macam-macam, tapi yang perlu diketahui pebisnis online hanya ada tiga:
Mempromosikan situs kita, baik di facebook, iklan baris, comment wordpress dsb.
Meninggalkan backlink untuk keperluan SEO, baik lewat tukeran link di daftar link, komentar di kotak wordpress atau blogspot, atau memasang link di direktori.

Membuat link download sehingga pengunjung Anda bisa mengunduh file yang disediakan di hosting Anda.Biasanya, untuk membuat hyperlink telah disediakan di toolbar, misalnya pada email, link tersebut diwakilkan oleh icon berbentuk rantai. Cara membuat link di wordpress, blogspot, atau di facebook termasuk mudah, Anda hanya harus menyertakan protocol http disetiap link yang Anda berikan, dan tag a href.

Contoh:

<a href=”http://masjemmy.com”>bisnis online</a>

Ini akan membuat link dengan nama “bisnis online” (istilahnya anchor text) dan bila diklik akan menuju blog ini. Hasilnya adalah sebagai berikut:

bisnis online
Mengenai masalah www atau non-www, saya rasa setiap hosting yang ada telah cukup pintar untuk meredirect www ke non-www atau sebaliknya. Kalau masih belum, coba Anda cek DNS server hosting Anda atau minta hosting untuk meredirectnya.

Contoh:

<a href=”http://www.masjemmy.com”>bisnis online</a>

Jadi hemat saya, untuk pemasangan www bisa dihilangkan, namun tidak untuk http. Ini karena di beberapa tempat seperti forum, dimana karakter dibatasi sehingga tanpa menyertakan www dapat menghemat 4 karakter (www + 1 titik)
Trik lainnya untuk membuat link adalah dengan menambahkan atribut di sela-sela tag a.

Untuk membuka window baru saat visitor melakukan klik pada teks link:

<a href=”http://masjemmy.com” target=”_blank”>bisnis online</a>

PS: Artikel ini hanya membahas mengenai cara membuat teks link.
 

 via HTML


Langkah pertama persiapkan notepad++ dan buatlah HTML dasar, silahkan isikan apa saja. Perhatikan yang saya lingkari, pada tulisan itu akan kita buat hyperlink, di situlah kita akan membuat sebuah pintu menuju file atau alamat web lain.

Caranya cukup ketikkan <a href=”">klik di sini</a>, lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :

Nah sekarang di antara tanda petik masukkan alamat web yang ingin kita tuju, sebagai contoh saya akan memakai link blog ini <a href=”http://mas-joko.co.cc“>klik di sini</a> simak pada gambar di bawah ini

Sekarang coba simpan file tersebut dengan ekstensi html (mis : coba.html), kemudian jalankan file tersebut di browser, pada bagian KLIK DI SINI ada garis bawah-nya, itu adalah salah satu tanda bahwa teks tersebut adalah hyperlink, cobalah klik maka anda akan di bawah ke halaman yang anda cantumkan di antara tanda kutip tadi.

Sekarang kita akan menambahkan sedikit atribut pada hyperlink, pada suatu web kita sering menjumpai adanya kotak kecil warna kuning yang berisi sedikit keterangan tentang link yang akan kita klik, nah mari kita tambahkan sedikit kode pada hyperlink, kode yang digunakan adalah title=”tuliskan_title” . Nah peletakan dan penggunaan seperti di bawah ini :

Setelah disimpan sekarang coba jalankan kembali pada browser, hasilnya seperti di bawah ini

Comments

Popular posts from this blog

Farmakologi Veteriner ANTIDIARE

Theileria Pada Sapi

Farmako SSO